Dimutasi Bersama 10 Pati Polri Kapolda Jatim Untung S Rajab Dicopot

Jumat,1 Juli 2011 - 14:22 WIB - Dibaca : 419 kali

RADJAWARTA >> Menjelang HUT Bhayangkara ke 65, 1 Juli 2011, terjadi perombakan besar-besaran jabatan di tubuh Polri. Mutasi mutasi besar-besaran para perwira tinggi (pati) itu pun juga berdampak pada jabatan Kapolda Jatim, Irjen Pol Untung S Radjab.

‘Arek’ Ketintang, Surabaya yang baru empat bulan menjabat sebagai orang namor satu di Mapolda Jatim menggantikan Irjen Pol Badrodin Haiti yang saat ini menjabat Asops Mabes Polri harus rela menyerakhan tongkat estafet kepemimpinan kepada digantikan Irjen Pol Hadiatmoko yang sebelumnya menjabat Kapolda Bali.

Namun, pencopotan sebagai Kapolda Jatim tersebut bukan membuat Untung S Rajab kehilangan posisi, sebab perwira tinggi yang hobi bernyanyi itu ditarik ke Jakarta menggantikan Irjen Pol Sutarman sebagai Kapolda Metro Jaya.

Sementara, Irjen Pol Sutarman bakal menduduki kursi Komjen Ito Sumardi yang memasuki masa pensiun sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

“Surat telegram rahasia mutasi dari Mabes Polri tertanggal 30 Juni 2011. Jadi, sudah jelas Kapolda Jatim diganti bersama 10 pejabat Polri lainnya,” ungkap seorang sumber di Mapolda Jatim yang mewanti-wanti untuk tidak dikorankan namanya, Jumat (1/7). Hingga berita ini diturunkan, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Rachmat Mulyana belum memberikan jawaban. Bahkan, pesan pendek yang terkirim di selulernya juga tidak berbalas.

Semantara, Kapolda Jatim Untung S Rajab ketika di konfirmasi terkait dengan mutasi ke Polda Metro tersebut mengatakan belum menerima lampiran telegram dari jakarta. Hanya saja, Ia menyatakan dirinya siap melaksanakan tugas atas perintah pimpinan.

“Jabatan dan pangkat adalah titipan. Kami ini hanyalah sebagai pelaksana tugas atas perintah pimpinan. Yang pasti, dimanapun bertugas tetap dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab sebagai pengabdian kepada negara. Tapi, terus terang saya belum terimatelegramnya,” kata Untung diplomatis.

Sebagai catatan, mantan Wakapolres Surabaya Selatan tersebut hanya menduduki jabatan orang nomor satu di kepolisian Jatim ini hanya 3,5 bulan sejak dilantik 15 Maret 2011 lalu. Untung S Radjab dikenal sebagai pribadi yang terbuka, berani dan religius. Bicaranya pun ceplas-ceplos dengan cengkok khas Suroboyo kental.

Selama memimpin korps baju coklat di Jatim, Untung S Radjab juga memiliki prestasi yang cukup menonjol. Beberapa catatan prestasi yang pernah diukir mantan Kapolwil Besuki ini adalah program kemitraan antara polisi dengan masyarakat.

Lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1977 ini dikenal cukup ramah di kalangan bawahan. Bahkan, lelaki penyuka olahraga berkuda ini sangat akrab dengan masyarakat. Hal itu terbaca saat sepak terjangnya memimpin kepolisian wilayah Besuki tahun 2000 silam. Irjen Pol Untung S Radjab paling getol turun ke bawah untuk memantau langsung kondisi wilayah hukumnya.

“Hampir setiap waktu Kapolda terus bersilahturahmi dengan segala elemen dan komponen masyarakat di Jawa Timur,” ingat seorang pamen di Polda Jatim mengisahkan.

Pati Polri yang dikenal rajin mengikuti pengajian dan istighotsah ini mengaku, tidak memiliki resep khusus dalam menjaga stamina disela aktifitas super sibuknya. Prinsipnya, kata Untung, adalah ikhlas, mensyukuri nikmat, banyak berteman dan senantiasa ingat dengan sang pencipta.

“Itu penting. Dengan selalu ingat sang Khaliq dan pandai syukur nikmat, Insya Allah akan diberi kesehatan. Apalagi dengan kegiatan religius, akan menjadi tempaan dalam sisi moralitas disaat menjalankan tugas sebagai pengayom masyarakat, khususnya di Polda Jatim,” sarannya. rid

Sebelas Pati Polri Yang Dimutasi :

1. Komjen Ito Sumardi pensiun dengan jabatan terakhir sebagai Kabareskrim Mabes Polri

2. Irjen Pol Sutarman menggantikan Komjen Ito Sumardi sebagai Kabareskrim

3. Irjen Pol Untung S Rajab dari Kapolda Jatim menjadi Kapolda Metro Jaya Jakarta

4. Irjen Pol Hadiatmoko yang sebelumnya Kapolda Bali menjabat Kapolda Jatim

5. Irjen Pol Totoy Herawan Indra menggantikan Irjen Pol Hadiatmoko sebagai Kapolda Bali

6. Irjen Pol Sunarko memasuki masa pensiun

7. Irjen Pol Badrodin Haiti digeser sebagai Asops di Mabes Polri

8. Irjen Pol Edward Aritonang menjadi Korsahli dari jabatan sebelumnya sebagai Kapolda Jateng

9. Irjen Pol Didik Sutomo Triwidodo ditetapkan sebagai Kapolda Jateng

10.Irjen Pol Rismawan memasuki masa pensiun

11.Irjen Pol Hasyim Irianto ditugaskan sebagai Wairwasum Mabes Polri

Sumber : TR Mabes Polri Tertanggal 30 Juni 2011 dan berbagai sumber.

Bagaimana Pendapat anda pembangunan Tol tengah kota ?

Lihat Hasil Polling

Loading ... Loading ...

Share

Tinggalkan komentar

Current day month ye@r *

Manusia Super

Pemimpin Negara Harus Pancasilais

SURABAYA, Semua elemen masyarakat termasuk petinggi partai dan jajaran birokrat harus mempertanyakan kembali, sejauh mana konsistensi komitmennya terhadap Pancasila. Apakah masih utuh mengemban wasiat yang terkandung di dalam kelima butir

Baca Selengkapnya.........

LEMBAGA BANTUAN HUKUM
RADJAWARTA


KLIK DISINI...

Penandatanganan Kontrak kinerja 2014
  • Radja POLLING


    • Puaskah Anda dengan Hasil Kerja Susilo Bambang Yudhoyono, Presdien RI?

      Lihat Hasil Polling

      Loading ... Loading ...


  • Risma, Walikota Tanpa Tanda Jabatan

    TRI RISMAHARINI, demikian nama walikota perempuan pertama di Kota Surabaya. Masa jabatan ini pertama kali dijabatnya untuk masa bakti 2010-2015 terhitung sejak 28 September 2010..

    Baca Selengkapnya.........

    Achtanaputra - Webdeveloper